Nama: I Kadek Tribuana Tungga Wibowo
NIM: 2005551103
Prodi/Fakultas/Universitas: Teknologi/Teknik/Udayana
Mata Kuliah: Manajemen Layanan TI (B)
Dosen: I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
Apa itu Continual Service Improvement?
Continual Service Improvement (CSI) merupakan proses untuk mendokumentasikan proses, tahapan, dan hasil identifikasi serta perbaikan terhadap standarisasi- standarisasi apa saja yang digunakan oleh organisasi/perusahaan serta sejauh mana keterlibatan karyawan (SDM) di dalam jalannya bisnis perusahaan/organisasi beserta dengan penyelesaian dari siklus Plan Do Check Act (PDCA) untuk meningkatkan layanan yang diberikan kepada pengguna layanan (Helman, 2007).
Continual Service Improvement (CSI) dapat menjadi sebuah langkah untuk mewujudkan penyediaan service yang lebih baik dan optimalisasi service, dengan cost (biaya) seminimal mungkin.
Tujuan Continual Service Improvement?
Continual Service Improvement bertujuan sebagai;
1) Memberikan panduan penting bagi organisasi/perusahaan dalam menyusun serta memelihara kualitas layanan dari proses desain, transisi dan pengoperasiannya.
2) Mengkombinasikan berbagai prinsip dan metode dari manajemen kualitas (quality management) untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan serta optimalisasi layanan dengan biaya seminimal mungkin.
Salah satu bentuk kombinasi tersebut adalah Plan Do Check Act (PDCA). PDCA merupakan metode manajemen penyelesaian masalah dengan empat langkah berulang: Perencanaan (plan), Tindakan (do), Pengecekan (check), Aksi/Tindakan (act).
Tujuh Langkah pada Continual Service Improvement (CSI)
- What should you measure? Service strategy/service design, bagian mana yang menjadi dasar pengukuran What can you measure ?
- Service Level Agreement. (SLA) adalah apa saja yang dapat diukur.
- Gather The Data. Pemantauan/monitoring proses, pendekatan teknologi/aplikasi/system/tool monitoring.
- Process the Data. Data diproses dan dibandingkan dengan CSF (Critical Success Factor), KPI (key Performance Indicator), atau indikator lainnya.
- Analyse the Data. Analisa data terhadap parameter-parameter (pencapaian, trend, dampak dari layanan yang diberikan terhadap bisnis/tujuan bisnis.)
- Present the Information. Mengolah data menjadi informasi, menampilkan data menjadi tools improvement
- Implement Corrective. action Melakukan tindakan perbaikan terhadap inputan yang menjadi dasar improvement.
Referensi
[1] Materi Perkuliahan 11
[1] Materi Perkuliahan 11
Posting Komentar