Evaluasi Value pada Service Transition untuk Bisnis/Organisasi

Nama: I Kadek Tribuana Tungga Wibowo
NIM: 2005551103
Prodi/Fakultas/Universitas: Teknologi/Teknik/Udayana
Mata Kuliah: Manajemen Layanan TI (B)
Dosen: I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.


2. Service Transition

Service Transition atau transisi layanan merupakan sebuah panduan, dokumentasi, atau handbook untuk sebuah bisnis berbasiskan TI untuk dapat mengembangkan layanannya serta mampu mengubah hasil desain layanan TI ke dalam bentuk implementasi layanan TI.

Perubahan yang dimaksud dalam hal ini adalah perubahan dari desain layanan TI yang baru dan desain layanan TI yang telah ada ke dalam lingkungan operasional. Maka dari itu, terdapat sebuah daur hidup (lifecycle) yang memberikan gambaran akan kebutuhan yang didefinisikan dalam Service Strategy ke Service Design lalu ke Service Transition lalu ke Service Operation.

Service Transition ini bertujuan untuk membantu sebuah bisnis dalam membuat perencanaan dan pengelolaan terhadap berbagai macam perubahan dan transisi layanan secara efektif da efisien. Selain itu, berguna juga dalam menyediakan panduan best practice dan handbook di dalam pengembangan dan peningkatakn kapabilitas transisi pada layanan-layanan baru serta pada perubahan layanan ke lingkungan operasional, seperti perencanaan layanan, proses pembuatan layanan, pengujian terhadap layanan, evaluasi, dan deployment terhadap layanan.

Terdapat kedua kelompok Service, yaitu:

1. Proses yang Mendukung Seluruh Service Lifecycle

a. Change Management
Manajemen perubahan/transisi perubahan individu dan organisasi/perusahaan ke kondisi yang lebih baik. 
b. Service Asset and Configuration Management (SACM)
Manajemen dukungan aset dan informasi yang berkaitan ke organisasi/perusahaan/bisnis 
c. Knowledge Management 
Manajemen pengetahuan (knowledge), knowledge diperoleh dari sekumpulan data melalui pola (pattern), data mining yang bertujuan untuk pengambilan keputusan pada organisasi.

2. Proses Aktivitas yang Fokus pada Service Transition

a. Transition Planning and Support
Perencanaan semua sumber daya TI di dalam penyediaan layanan. produk, jasa pada organisasi
b. Release and Delployment Management 
Membantu di dalam rilis deployment ke production serta efektifvitas service untuk meningkatkan manfaat/nilai yang diperoleh oleh sebuah bisnis
c. Service Testing and Validation
Menjamin service dapat memberikan nilai lebih atau manfaat bukan saja ke penerima layanan tapi juga ke organisasi/perusahaan bersangkutan.
d. Change Evaluation
Evaluasi perubahan, menilai apakah perubahan akan memberikan dampak baik/buruk ke organisasi/perusahaan.


Referensi:
[1] Materi Perkuliahan 10

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama